E-commerce di Indonesia

E-commerce

Internet telah menjadi bagian penting dari setiap orang Indonesia. Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia pun tidak main-main. Bayangkan saja menurut data APJII pada tahun 2008 pengguna internet di Indonesia baru mencapai 8 persen dari jumlah penduduk, namun sekarang hampir semua orang Indonesia menggunakan internet dan bahkan memiliki akses internet di rumah dan handphone mereka masing-masing.

Istilah E-commerce lahir disebabkan karena mulai banyak bermunculan online shop yang menawarkan produk melalui website yang dirancang untuk dapat melayani konsumen yang ingin melakukan transaksi secara online. Namun, apakah tanggapan masyarakat Indonesia mengenai e-commerce yang sedang berkembang pesat ini ?

JustSayNo

Beberapa anggapan negatif masyarakat mengenai e-commerce di Indonesia :
1. Tidak biasa melakukan transaksi lewat internet
2. Kurang nyaman karena tidak bisa melihat fisik barang secara langsung
3. Tidak terpercaya & yakin akan keamanannya
4. Khawatir barang yang dibeli rusak dalam perjalanan
5. Tidak tahu siapa penanggung jawab dari transaksi


e-commerce

Beberapa anggapan positif masyarakat mengenai e-commerce di Indonesia :
1. Terobosan baru dalam berbelanja
2. Praktis & cepat
3. Menyenangkan karena tidak perlu repot-repot keluar rumah mencari barang
4. Lebih banyak pilihan
5. Harga lebih murah

Saya sendiri berpendapat jika pertumbuhan e-commerce di Indonesia akan terus menanjak dan menjamur di semua kalangan masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak ? Indonesia merupakan daerah yang sangat berpotensi besar untuk perkembangan situs sosial maupun situs perdagangan lewat online. Tentu ada beberapa hal yang mendorong saya untuk dapat mengeluarkan pernyataan ini.

Faktor yang mendukung pertumbuhan e-commerce di Indonesia :
1. Akses internet yang semakin murah dan cepat mendorong pertumbuhan pengguna internet
2. Dukungan dari sektor perbankan Indonesia yang menyediakan fasilitas untuk melakukan transaksi lewat internet
3. Biaya web hosting yang semakin murah
4. Mulai banyak software open source untuk membantu membangun sebuah swebsite e-commerce, seperti osCommerce, Magento, dll

Perkembangan e-commerce di Indonesia tentu harus diiringi dengan peningkatan keamanan layanan agar konsumen terhindar dari penipuan dan kerugian. Namun, kita tetap harus berhati-hati dalam melakukan online shopping karena tidak semua online shop menyediakan layanan dengan kredibilitas tinggi dan dapat dipercaya. Belanja dengan aman dan nyaman adalah apa yang kita sebagai konsumen inginkan bukan ?

Komen di artikel ini

Alamat e-mail anda tidak akan dispam dan dipublikasikan.

*