Hitung-hitung Kalori Santapan Lebaran

Lebaran memang selalu jadi waktu yang menyenangkan. Selain merayakan kemenangan setelah melewati ibadah bulan puasa, hari raya Lebaran juga memberikan kita kesempatan untuk saling bersilaturahmi dengan keluarga yang mungkin biasanya jarang berjumpa.

Diluar itu semua, ada satu lagi yang membuat Lebaran selalu menjadi lebih meriah: kue-kue dan santapannya!

Masakan khas Lebaran biasanya identik dengan masakan bersantan dan berkalori tinggi. Selain itu kue-kue dan santapan Lebaran lainnya biasanya manis dan berlemak tinggi.

Tapi apakah kamu tahu, berapa jumlah kalori yang dikandung oleh opor ayam, rendang, es buah, soda gembira dan kue-kue seperti nastar atau brownies? Kalau kamu penasaran, simak saja informasi lengkap berikut!

Santan Sumber Kalori Paling Besar

Dari segala jenis masakan Lebaran yang ada, jumlah kalori paling besar dibawa oleh santan. Oleh sebab itu, satu porsi opor ayam yang cuma 200 gram saja akhirnya sudah mengandung 700 kalori.

Sama juga dengan masakan Lebaran lainnya yang dimasak dengan santan, seperti rendang contohnya. Sepotong rendang kering dengan berat 300 gram bisa mengandung hingga 800 kalori.  Padahal kebutuhan kalori sehari-hari kita cuma berkisar antara 1600 – 2000 saja.

Es Buah, Soda Gembira dan Kue-Kue Pun Tidak Mau Kalah

Selain masakan Lebaran klasik seperti ketupat, opor dan rendang, minuman dan kue-kue manis juga pasti menjadi hidangan wajib saat bersilaturahmi.

Walaupun sebenarnya cuma ditujukan sebagai snack, kalori yang dikandung oleh kue dan minuman manis ini juga luar biasa besar. Contohnya satu gelas es buah ukuran 200 ml sudah mengandung 180 kalori, sirup dan soda gembira bahkan sampai 300 kalori.

Satu porsi kue nastar dengan berat 100 gram mengandung total 140 kalori sementara kandungan kalori sepotong brownies dengan berat yang sama bisa mencapai 670 kalori, yang artinya hampir sama seperti seporsi opor..!!

Wah, walaupun santapan Lebaran lezat-lezat ternyata kalori yang terkandung didalamnya benar-benar luar biasa ya?

Yah, namanya juga acara perayaan satu tahun sekali, jadi kamu tidak perlu merasa bersalah menyantap semua makanan Lebaran lezat ini. Yang penting, jangan lupa workout lagi setelah musim Lebaran berlalu. Disini ada tips-tips workout untuk dirumah yang super efektif loh!

Komen di artikel ini

Alamat e-mail anda tidak akan dispam dan dipublikasikan.

*